Peranan Relawan Kesehatan Dalam Aksi Sosial

Setiap orang berhak untuk menjadi seorang relawan. Ketika menjadi seorang relawan selain siap bekerja dengan ikhlas juga disarankan memiliki keahlian tertentu. Beberapa keahlian yang dapat bermanfaat dalam sebuah aksi sosial antara lain keahlian dalam bidang kesehatan, pendidikan, memasak, mengelola tim, lingkungan dan sebagainya. Meskipun tidak selalu harus memiliki keahlian yang dalam atau latar belakang pendidikan tertentu juga tetap dapat menjadi seorang relawan.

Saat individu memiliki keahlian tertentu kemudian bergabung menjadi seorang relawan tentu diharapkan mampu berkontribusi lebih dalams sebuah aksi sosial. Sebagai contoh, apabila latar belakang seorang relawan adalah guru tentu beliau telah memiliki keahlian dalam mengajar. Begitu juga apabila seorang relawan adalah perawat atau dokter tentu telah berpengalaman dalam menanganis berbagai masalah kesehatan.

Saat ini aksi sosial tidak hanya untuk program bencana alam saja, namun telah berkembang ke berbagai bidang. Beberapa bidang yang telah aktif dalam aksi sosial antara lain bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan lainnya. Bahkan salah satu bidang yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat adalah bidang kesehatan. Kesehatan merupakan faktor utama untuk mensejahterakan hidup masyarakat. Lingkungan yang sehat dan bersih dari wabah penyakit menurunkan resiko penularan berbagai penyakit kepada masyarakat disekitar.

Sehingga kini relawan dalam bidang kesahatan banyak dibutuhkan. Para tenaga medis seperti dokter, perawat atau pekerja laboratorium dapat bergabung dalam sebuah aksi sosial yang dapat menyelamatkan nyawa banyak orang. Adapun peranan relawan kesehatan dalam aksi sosial, antara lain :

  • Relawan kesehatan bertugas untuk memberikan informasi penting kepada masyarakat terkait pentingnya pencegahan berbagai penyakit. Selain itu relawan kesahatan juga diharapkan mampu mengajak masyarakat bekerja sama untuk mengurangi resiko penyabaran virus penyakit tertentu sehingga tidak menimbulkan penderita baru.
  • Selain itu relawan kesehatan juga diperlukan dalam sebuah aksi sosial tertentu seperti program sunat massal atau operasi katarak gratis. Dengan demikian para warga yang memiliki keterbatasan biaya dapat mengikuti program tersebut dan ditangani oleh tenaga ahli.
  • Relawan kesehatan dalam mengakak para ibu untuk memberikan ASI Ekslusif selama 2 tahun untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memberikan edukasi pentingnya ASI bagi bayi.
  • Para relawan kesehatan dapat berperan dalam mengatasi masalah gizi buruk pada anak. Sehingga dapat memberikan edukasi kepada para orang tua untuk dapat meningkatkan peluang kehidupan yang lebih baik untuk anak Indonesia.
  • Relawan kesehatan juga dapat bergabung untuk memberikan vaksin kepada masyarakat untuk menghindari wabah penyakit yang berbahaya dan mudah menular.
  • Relawan kesehatan juga dapat berperan dalam aksi tanggap bencana alam seperti membantu korban banjir, longsor, tsunami dan gunung meletus.
  • Relawan kesehatan juga dapat berperan dalam membantu para korban di daerah peperangan. Pada umumnya korban di daerah peperangan membutuhkan banyak tenaga kesehatan sukarela untuk melakukan berbagai pertolongan pertama.
  • Beberapa relawan kesehatan juga diperlukan untuk berada selama rentang waktu tertentu pada suatu daerah untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan yang melanda daerah tertentu.

Ketika menjadi seorang relawan dalam bidang kesehatan diperlukan keahlian atau latar belakang pendidikan kesehatan. Karena kesehatan berhubungan dengan nyawa seseorang. Oleh sebab itu sebaiknya dilakukan oleh tenaga yang telah berpengalaman. Adapun relawan tersebut tidak memiliki bidang pendidikan kesehatan, dapat mengikuti kursus atau pelatihan kesehatan terlebih dahulu. Ayo bergabung menjadi relawan kesehatan di yukbantu.com untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Atau bantulah dalam menyisihkan sebagian materi melalui program di yukbantu.com untuk mengatasi masalah kesehatan yang dialami beberapa individu.

Sumber gambar : unsplash.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *