Komunitas Gadjah Lampung Peduli Pendidikan di Lampung

Siapa yang tidak mengenal Universitas Gadjah Mada (UGM). Kampus ini berada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Alumni dair UGM ini tersebar merata hampir di seluruh Indonesia. Salah satunya adalah di provinsi Lampung. Alumni yang bekerja dan tinggal di Lampung membentuk komunitas alumni Universitas Gadjah Mada (UGM) di Lampung yang diberi nama Komunitas Gadjah Lampung. Komunitas ini sudah berdiri lama di Lampung. Dibentuk tanggal 23 Desember 2011 sebagai perwujudan wadah silaturahmi berkumpulnya para alumni UGM yang ada di Lampung. Selain tempat berkumpul para alumni UGM, komunitas ini juga menjalankan beberapa kegiatan sosial, budaya dan pendidikan. Komunitas ini menjadi komunitas yang sampai sekarang masih eksis dan memiliki agenda rutin tahunan.

Foto Jannet Maharsi

Menurut Agung Prasetyo Aji selaku ketua komunitas ini menjelaskan bahwa komunitas ini dibentuk atas dasar permintaan mahasiswa UGM angkatan 2010 asal Lampung. Tujuan utama dari komunitas ini adalah meningkatkan silaturahmi dan ikatan kekeluarga sesama mahasiswa dan alumni UGM asal Lampung. Agung juga menambahkan dengan komunitas ini diharapkan adek – adek yang masih menjadi mahasiswa agar bisa lebih kritis, dan bertanggaung dalam aspek pendidikan, moral, sosial dan politik. Komunitas ini juga memperkenalkan seni dan budaya lampung di lingkungan kampus UGM dan tingkat nasional. Sampai saat ini jumlah anggota Komunitas Gadjah Lampung ini mencapai 294 orang, pungkas Agung.

Komunitas ini juga sering mengadakan penggalangan dana terkait bantuan pendidikan kepada anak – anak sekolah di Lampung. Selain itu, ada pula pengumpulan beberapa buku yang masih layak pakai untuk diserahkan kepada anak – anak yang berada di pedalaman Lampung. Aktifitas ini sudah dijalankan sekitar 2 tahun lalu dan kegiatan ini dijadwalkan menjadi kegaitan rutin setahun sekali. Itulah sebabnya semakin banyak yang menjadi anggota komunitas ini maka semakin banyak anak – anak yang terbantukan terkait pendidikannya. Para alumni UGM yang tergabung di komunitas ini juga diharapkan tidak segan – segan mempromosikan kegiatan di komunitas ini agar semakin banyak donatur yang ikut berpartisipasi.

Menurut alumni UGM jurusan kehutanan tersebut kegiatan yang menjadi program utama dalam komunitas ini adalah terkait pengabdian untuk masyarakat di bidang pendidikan. Program ini biasanya disebuat ekpedisi gadjah. Ekpedisi gadjah ini dilakukan setiap tahun dan menjadi agenda rutin komunitas ini. Biasanya komunitas ini berkunjung ke SMA sederajat di Lampung untuk memberikan informasi terkait perkuliahan. Sebagai acara puncaknya, komunitas ini mengadakan tryout  seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri. Kegiatan ini diharapkan agar adek – adek SMA dapat mengukur kemampuannya dan dapat memilih jurusan yang tepat.

Selain itu, Komunitas Gadjah Lampung juga sering berbagai perlengkapan sekolah seperi buku tulis, alat tulis dan sebagaianya di sekolah – sekolah pedalaman jauh dari kota. Kegiatan ini diharapkan para anak – anak sekolah dapat semangat dalam bersekolah untuk meraih mimpi mereka. Selain berkontribusi terkait bidan pendidikan, Komunitas Gadjah Lampung ini juga berbagi kepedulian di bidang sosial. Komunitas ini juga sering membantu memberikan donasi ke beberapa panti asuhan di Lampung. Hal ini sebagai bentuk kepedulian sosial Komunitas Gadjah Lampung kepada masyarakat Lampung yang membutuhkan. Bagi anda yang berasal dari Lampung dan berkuliah atau alumni UGM maka sebaiknya anda bergabung ke komuitas ini. Anda bisa menghubungi kontak person yang ada di media sosial Komunitas Gadjah Lampung.

Yuk kita bantu saudara – saudara kita yang membutuhkan seperti kaum duafa, fakir miskin dan anak yatim melalui www.yukbantu.com. Bantuan anda adalah bentuk kepedulian sebagai makhluk sosial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *