Aksi Rutin, Komunitas Lapak ini Salurkan Pakaian dan Buku

Di Bandar Lampung terdapat komunitas yang peduli terhadap sesama. Komunitas ini memiliki agenda rutin untuk menyalurkan pakaian dan buku kepada mereka yang membutuhkan. Komunnitas ini menyebut dirinya dengan nama Komunitas Lapak (Pengumpul Pakaian Layak Pakai). Seperti yang kita ketahuai pakaian adalah kebutuhan utama dalam kehidupan manusia. Pakaian menjadi alat untuk menutup aurat. Pakaian yang layak akn membuat mereka tidak dipandang sebelah mata dan mampu menjadi orang yang normal pada umumnya. Pakaian ini didapatkan dari berbagai sumber baik donasi maupun penggalangan dana dari para donatur. Selain pakian, Komunitas Lapak ini juga menyalurkan buku – buku layak baca.

Foto Bayu Saputra

Buku – buku ini bisa berupa buku mata pelajaran, buku bacaan, buku fiksi maupun buku lainnya yang dapat meningkatkan pengetahuan anak – anak yang membutuhkan. Buku – buku ini juga didapat dari berbagai pihak baik donasi maupun penggalangan dana dari para donatur. Tidak sedikit warga di pedalaman Bandar Lampung ini mengunakan pakaian yang lusuh karena mereka tidak memiliki dana untuk membeli pakaian yang layak pakai. Oleh sebab itu, komunitas ini terbentuk dan berinisiatif untuk menggalang dana dan donasi pakaian yang layak pakai untuk disumbangkan kepada mereka. Tidak sedikit dari anggota komunitas ini juga menyumbangkan pakaiannya yang masih layak pakai untuk disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Menurut Nelvi Yuni selaku Ketua Komunitas Lapak menjelaskan bahwa mereka mengagendakan kegiatan ini menimal sebulan sekali. Para donatur yang telah menyumbangkan baik dana maupun pakaian atau buku dapat terjun langsung menyerahkan bantuannya kepada mereka yang membutuhkan. Nelvi juga menambahkan sebelum disalurkan kepada masyrakat yang membutuhkan, pakaian dan buku yang telah terkumpul diperikasa terlebih dahulu terkait kelayakan pakaian atau bukunya. Seelah dinyatakan layak maka pakaian dan buku ini siap disalurkan kepada mereka yang membutuhkan.

Tidak sedikit dari anggota komunitas ini yang ikut serta membantu menyalurkan pakaian dan buku tersebut. sebagian besar dari mereka atau masyarakat yang membutuhkan merasa senang dengan bantuan ini. Mereka berharap agenda rutin ini tetap berjalan dengan baik dan warga masyarakat daerah lain dapat menikmati donasi pakaian dan buku tersebut.

Untuk jumlah anggota komunitas ini menurut Nelvi, berjumlah enam orang saja, namun dia nyakin dengan adanya media sosial dan eksistensi komunitas ini akan bertambah banyak anggota komunitas ini. Adanya komunitas ini bukan sekedar perkumpulan orang namun juga berlandasan sukarela membantu sesama umat manusia. Tidak sedikit para donatur yang ingin menjadi anggota komunitas ini namun keterbatasan waktu membuat mereka urung bergabung dengan komunitas ini. Oleh sebab itu, diharapkan bagi anda yang ingin bergabung di komunitas ini maka dipersilahkan anda menghubungi kontak person yang ada di media sosial Komunitas Lapak Bandar Lampung.

Komunitas Lapak Bandar Lampung ini resmi dibentuk pada tanggal 5 Januari 2018 oleh para ibu – ibu. Mayoritas ibu – ibu ini merupakan ibu rumah tangga. Para anggota Komunitas Lapak ini sering berkumpul di sekretariat kompak yang beralamat di Jalan Danau Toba Gang Kibang No. 58, Kedaton, Bandar Lampung. Biasanya saat berkumpul di sekretariat Komunitas Lapak ini serng membahas terkait evaluasi kegiatan dan target lokasi donasi selanjutnya. Jika anda ingin bergabung di komunitas ini maka anda bisa bergabung ke whatsapp group atau mengunjungi instragram komunitas ini @kompaklapaklampung.

Mari kita donasikan sebagian riski kita kepada orang yang membutuhkan melalui program www.yukbantu.com. Donasi dan bantuan kita sangat berarti bagi mereka.

Jasa Pembuatan Handrail Stainless Pegangan Toilet, dan Harga Terbaru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *